Apa yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes ketika berpuasa?

Diposting pada

 

Tidak ada perubahan makanan sepanjang puasa Ramadan. Penderita diabetes dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang menghasilkan kekuatan secara lambat seperti gandum, kacang-kacangan, nasi, dan semolina, terhitung menghindari makanan bersama kandungan asam bosan yang tinggi. Porsi makanan sementara puasa terhitung disesuaikan, yaitu 50% sementara sahur, 40% sementara berbuka dan 10% sehabis tarawih. Pastikan terhitung asupan cairan sementara berpuasa tercukupi bersama baik sehabis buka puasa dan tarawih.

Aktivitas fisik rendah dan tengah selamanya bisa dilaksanakan oleh penderita diabetes style 2, tapi kudu dilaksanakan modifikasi durasi dan intensitas sebab aktivitas fisik yang terlalu berlebih bisa menyebabkan hipoglikemia bagi orang yang tengah berpuasa. Tarawih kudu dipertimbangkan sebagai aktivitas fisik sementara melaksanakan modifikasi aktivitas.

Penusukan jarum ke didalam kulit untuk pemeriksaaan gula darah tidak membatalkan puasa. Jadi, periksa tertata gula darah Anda, khususnya apabila Anda merasakan sakit atau ada tanda-tanda dari gula darah rendah atau tinggi. Penderita diabetes dianjurkan membatalkan puasa terkecuali kandungan gula darah <70 mg/dl atau >300 mg/dl.

Bagaimana meniti pengobatan diabetes sementara tengah berpuasa?

Obat anti diabetes oral
• Ganti dosis metformin 3 x 500 mg jadi 2 x 1000 mg
• Obat sulfonilurea tidak dianjurkan atau kudu digunakan bersama bersama hati-hati
• Apabila selamanya digunakan, menurunkan dosis sulfonilurea hingga setengahnya
• Penggunaan obat SGLT2 tidak dianjurkan
• Obat TZDs, alfa glucosidase inhibitor atau incretin selamanya bisa digunakan
Insulin
• Penggunaan insulin premixed atau insulin kerja menengah 2x sehari diganti jadi insulin kerja menengah yang dipakai malam hari dan insulin kerja cepat bersamaan bersama makan
• Gunakan dosis insulin yang dianjurkan sementara berbuka dan 1/2 dosis sementara sahur
• Insulin pump: mempertimbangkan untuk kurangi dosis basal dan modifikasi dosis bolus sementara berbuka dan sahur

Puasa Bagi Penderita Diabetes kudu disesuaikan, sebab terkecuali tidak, bisa timbul komplikasi seperti hipoglikemia berat yang sudah pasti bisa membahayakan. Konsultasikan bersama dokter kamu untuk Info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *