Tanda-Tanda Kehamilan yang Perlu Diketahui

Diposting pada

 

Bingung hamil atau tidak? Kenali dahulu gejala kehamilan, baru Anda sanggup menyimpulkannya.

Kenalilah gejala kehamilan sebelum akan Anda meragukannya.

Apakah Anda mencurigai bisa saja Anda hamil? Cara untuk paham hamil atau tidaknya sanggup diketahui dengan melaksanakan tes kehamilan. Dan sebetulnya tersedia gejala kehamilan yang memberitahukan bisa saja itu.

Tanda-tanda hamil atau gejala kehamilan pada tiap wanita tidak sama
Karena tiap wanita berbeda, termasuk pengalaman kehamilannya, sehingga tidak seluruh miliki gejala kehamilan yang sama, baik kehamilan yang pertama dengan yang berikutnya. Dan gejala kehamilan awal biasanya menyerupai gejala yang berjalan pada selagi sebagian selagi sebelum akan menstruasi dan selama menstruasi, oleh sebab itu kadang gejala kehamilan tidak begitu diketahui dengan pasti.

Tanda-tanda kehamilan atau gejala awal kehamilan
1. Kram dan bercak darah

Beberapa hari sehabis pembuahan, telur yang telah dibuahi bakal meluncur dengan sendirinya ke dinding rahim, dan pada sistem ini sanggup mengakibatkan awal berasal dari sinyal kehamilan, bersifat bercak atau kram di perut bawah. Hal ini berjalan 6-12 hari sehabis telur dibuahi.

Kram yang berjalan sama dengan kram yang kerap dialami selagi menstruasi, sehingga sebagian wanita kerap salah mengartikannya sebagai sinyal berasal dari awal menstruasi. Apalagi kram dan bercak darah yang berjalan sangat sedikit

2. Keluarnya cairan putih berasal dari vagina

Selain kram dan bercak darah, sebagian wanita termasuk mengalami keluarnya cairan putih seperti susu berasal dari cairan vagina, hal ini terkait dengan makin menebalnya dinding vagina yang biasanya berjalan sehabis pembuahan. Dan perkembangan sel di di dalam vagina mengakibatkan keluarnya cairan tersebut.

Cairan putih yang keluar berasal dari vagina ini tidak berbahaya dan tidak butuh perawatan. Tapi jika telah mengeluarkan bau tidak sedap, rasa gatal dan panas, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

3. Perubahan payudara

Hormon wanita yang berubah dengan cepat sehabis pembuahan yang mengakibatkan payudara jadi membesar, sakit, gampang geli di dalam seminggu atau dua minggu. Payudara bakal terasa lebih penuh, dan melembut. Area kurang lebih putting jadi berwarna lebih gelap.

Disarankan untuk mengenakan penyangga payudara (bh) yang menopang payudara dengan baik dan nyaman, bahkan dikala selagi hendak tidur sekalipun.

4. Cepat lelah

Wanita yang hamil khususnya hamil muda condong lebih cepat lelah. Dan rasa leleah ini dialami seminggu sehabis pembuahan. Hal ini termasuk terkait dengan tingginya hormon progesteron, rendahnya gula darah, rendahnya tekanan darah dan kekurangan darah.

JIka kelelahan berjalan sebab kehamilan sangat penting untuk calon ibu untuk beristirahat danmakan makanan yang kaya dengan protein dan zat besi.

5. Mual dan mengidam

Tanda yang satu ini paling tenar diantara gejala kehamilan lainnya. Tapi bukan berarti seluruh wanita yang hamil mengalaminya. Hal ini berjalan sebab tingkat hormon ibu hamil yang lambat sehingga mengkosongkan perutnya yang mengakibatkan mual.

Beberapa ibu hamil bahkan mengidam makanan tertentu dan tidak tahan pada makanan yang biasanya disukai pada selagi mereka hamil dan hal ini termasuk berkenaan dengan pergantian hormon.

Bisa jadi mual, mengidam dan enggan makan bakal bertahan selama kehamilannya. Dan untuk sebagian ibu hamil gejala kehamilan tersebut bakal menyusut dengan sendirinya pada selagi umur takaran menggapai 13-14 minggu.

Jika hal ini terjadi,  cobalah untuk memakan makanan yang sanggup menenangkan rasa mual dan enggan makan tersebut, seperti kraker, jahe, mangga muda dan lainnya.

Ingatlah untuk senantiasa makan makanan yang sehat sehingga ibu hamil dan bayi yang tumbuh di dalam rahim ibu mendapatkan nutrisi yang cukup.

6. Penciuman lebih sensitif

Penciuman jadi lebih sensitif menjadikan salah satu sinyal kehamilan.

7. Terlambat menstruasi

Tanda kehamilan yang paling umum adalah mestruasi yang terlambat. Tapi menstruasi yan terlambat bukan cuma disebabkan oleh kehamilan. Keterlambatan menstruasi sanggup termasuk disebabkan oleh berat badan yang naik atau turun dengan cepat, kasus hormon, kelelahan, stress atau bisa saja lainnya.

8. Sesak nafas

Merasakan sesak nafas pada selagi melaksanakan aktivitas yang biasa dilakukan? Kemungkinan penyebabnya sebab stress, asma atau kehamilan.

Jika kehamilan adalah penyebabnya hal itu sebab bayi yang berkembang butuh oksigen untuk berkembang dan jika umur kehamilan makin membesar maka bayi bakal menghimpit paru-paru dan diafragma ibunya sehingga sesak nafas bakal kerap terjadi.

Disarankan pada tahapan ini untuk ibu melindungi kesehatannya dengan cukup olahraga, istirahat dan makan makanan yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *